Antara SEO - SMO - SMM

Thursday, December 10, 2009


Pertama tama saya ingin memberitahukan bahwa saat ini saya tidak dalam keadaan fit untuk berbagi informasi mengenai perbandingan antara search engine optimization (SEO) dan social media optimization (SMO) serta search engine marketing (SEM) atau social media marketing (SMM).

social media optimization

Bagi saya antara SEO - SMO - SEM merupakan suatu strategy yang digunakan dengan tujuan untuk mendatangkan traffik ke dalam suatu website. Sehingga bisa dikatakan bahwa ketiga hal tersebut merupakan bahasa marketing saja dalam mempromosikan istilah baru.

Inti dari social media optimization maupun search engine marketing adalah search engine optimization itu sendiri. Bila kita membaca informasi di wikipedia Danny Sullivan telah menjelaskan tentang social media optimization beberapa tahun yang lalu, hanya saja saat ini telah menjadi topik yang marak dibicarakan setelah facebook - twitter dan social media yang lain lainnya mendapat antusias yang luar biasa dari para internet marketer.

Berikut adalah sepenggal kalimat yang diterjemahkan dari wikipedia yang saya maksud di atas: "(SMO) adalah seperangkat metode untuk menarik pengunjung ke konten website dengan mempromosikan dan publikasi melalui media sosial".

"SMO adalah himpunan bagian dari pemasaran media sosial, yang mempromosikan dan mempublikasikan produk dan jasa secara umum melalui media sosial. SMO adalah salah satu dari dua metode online mengoptimalkan (menarik pengunjung untuk) konten website; metode lain adalah mesin pencari optimasi (SEO)".

Sehingga bisa disimpulkan bahwa semua ini hanya merupakan bahasa marketing untuk meringankan tugas kita dalam mendatangkan traffik ke dalam suatu website. Berbicara tentang traffik; harus diperhatikan bahwa kita dapat mendatangkan traffik secara semu dengan menggunakan layanan traffik yang tersedia.

Saya pribadi menyukai teknik mendatangkan traffik secara alamih dengan menggunakan teknik search engine optimization. Traffik tersebut bisa kita lihat melalui cpanel (awstat) dari website yang kita miliki atau melalui perangkat-perangkat yang di sediakan oleh Google.

Harus diakui bahwa dalam melakukan search engine optimization, kita membutuhkan waktu yang lebih lama untuk menempatkan website kita di halaman pertama pada suatu search engine dibandingkan dengan social media optimization atau search engine marketing. Pengalaman anda akan membantu anda mendapatkan traffik alamih yang anda inginkan.

Berikut ini adalah beberapa cara yang bisa anda gunakan untuk mendatangkan traffik, seperti: iklan pay per click (PPC), kerjasama joint venture, forum atau blogging, artikel, direktori dan press realese dan termasuk search engine optimization (SEO).

Apapun teknik yang kita gunakan untuk mendapatkan traffik bukanlah suatu masalah bila traffik itu bisa mendatangkan sales. Yang menjadi pertanyaan dan masalah bila anda memiliki traffik yang tinggi namun tidak terjadi sales (penjualan) maka hal itu berarti traffik yang anda dapatkan merupakan traffik semu.

Search Engine Optimization

Search Engine Optimization merupakan salah satu teknik yang digunakan untuk mendatangkan traffik ke dalam suatu website secara alamih. Kita membutuhkan pengetahuan yang benar dalam mendatangkan traffik ke dalam website dengan menggunakan teknik SEO yang tepat.

Perlu diketahui bahwa dalam melakukan search engine optimization dibutuhkan waktu serta teknik dalam melakukan optimasi website. Maintenance website yang tepat akan membantu anda mempersingkat waktu yang dibutuhkan dalam mencapai top 10 di search engine.


Social Media Optimization

Social Media Optimization merupakan optimasi dengan menggunakan social media yang beredar di internet. Menurut saya tidak ada teknik khusus dalam melakukan optimasi dalam social media ini. Secara internal kita tidak dapat melakukan optimasi, kita hanya menggunakan strategy untuk menarik perhatian massa untuk melihat apa yang sedang kita lakukan saat ini.

Social Media Optimization merupakan interaktif antar sesama anggota untuk berbagi informasi yang kita miliki, sehingga mempermudah kita dalam mendatangkan traffik. Tentu saja bila kita aktif melalui social media - bagi mereka yang tidak begitu aktif maka hal ini tentu akan menjadi sama seperti teknik teknik yang lainnya dalam mendatangkan traffik.

Perlu diakui bahwa social media optimization dan search engine marketing dapat mendatangkan traffik ke dalam website dalam waktu yang lebih cepat dibandingkan dengan search engine optimization. Apakah semua orang mendapatkan sales dengan bergabung ke social media?


Search Engine Marketing

Search Engine Marketing ini apa ya? Saya juga bingung untuk menjabarkannya - jadi anda bisa mencoba mencari istilah tersebut melalui search engine sendiri. Satu hal yang saya gunakan dalam mendatangkan traffik secara alamih adalah dengan cara menggunakan strategy yang tepat untuk mempromosikan dan melakukan optimasi dengan benar dan tepat.

Usaha yang terus menerus dilakukan dengan benar dan tepat tentu saja akan menghasilkan sesuatu yang baik. Saya pribadi memegang satu prinsip dalam melakukan search engine optimization terutama untuk search engine google, yaitu prinsip menanam seperti karakteristik Google selama yang saya pelajari.

Jadi apapun teknik yang anda gunakan bukanlah suatu masalah besar, ini hanya masalah cepat atau alamih belaka. Mana yang anda sukai gunakanlah teknik tersebut untuk mendatangkan traffik ke dalam website anda. Selamat mencoba dan teruslah belajar :D

Search Engine Optimization dipercaya dapat membantu meningkatkan rangking website anda pada hasil pencarian pada mesin pencarian. Konsultan SEO Jakarta profesional yang memberikan layanan optimasi website bersama Pakar SEO Jakarta yang berpengalaman dalam search engine optimization. Unknown Soldier menerapkan teknik ONPAGE SEO dan OFFPAGE SEO ke dalam suatu website dengan tepat dan benar. Semoga informasi yang diberikan dalam blogspot ini dapat memberi jawaban bagi anda yang membutuhkan layanan konsultasi SEO yang profesional


pakar konsultan seo jakarta profesional

Jasa SEO Jakarta profesional dalam blogspot ini dikerjakan oleh: Unknown Soldier, dengan menggunakan teknik ONPAGE SEO dan OFFPAGE SEO yang tepat sasaran. Anda akan menemukan beberapa blogspot Unknown Soldier yang berhubungan dengan kata kunci: Pakar SEO Jakarta.


Setelah sekian lama blogspot ini berada di halaman belakang untuk kata kunci yang berhubungan dengan optimasi website, tahun 2017 menjadi awal perubahan dengan tampilan baru. Besar harapan kami bahwa dengan teknik SEO yang sederhana, dapat membawa blogspot ini kembali berada di posisi terdepan search engine Google. Unknown Soldier bercita-cita untuk menjadi salah satu layanan Jasa SEO Jakarta yang profesional di Jakarta untuk membantu pemilik website mempromosikan jasa dan produk yang ingin dijual secara online.


0 comments: